Analisa Bisnis Informatika Bukalapak
U N I V E R S I T A S G U N A D A R M
A
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
Kelompok 1 :
Arjun Hamdallah
Fajar Azmi Fauzan
Front Daivatama Putra
Meta Fitria Khairunnisa
Muhammad Bayu Anggara
Rafie Muhammad Hernandto
Tedo Hestu Kalisto
Ruang Lingkup Bukalapak.com
Bukalapak.com hanya mengizinkan jual beli
barang yang bisa dikirim melalui jasa pengiriman, sehingga jasa dan kerjasama
dagang (franchise) tidak dapat diperdagangkan melalui Bukalapak.com terkecuali
ada kerja sama resmi dengan pihak Bukalapak.com.
Barang-barang yang dapat diperdagangkan di Bukalapak.com merupakan
barang yang tidak tercantum di daftar “Barang Terlarang”.
Bukalapak.com tidak bertanggung jawab
atas kualitas barang, proses pengiriman, rusaknya reputasi pihak lain, dan/atau
segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna situs.
Bukalapak.com memiliki kewenangan untuk
mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun yang diduga dan/atau
terindikasi melakukan penyalahgunaan, memanipulasi, dan/atau melanggar peraturan
di Bukalapak.com,
mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, maupun
menutup akun tersebut tanpa memberikan pemberitahuan atau informasi terlebih
dahulu kepada pemilik akun yang bersangkutan.
BL Payment System bersifat mengikat pengguna Bukalapak.com dan
hanya menjamin dana pembeli tetap aman jika proses transaksi dilakukan dengan
pelapak yang terdaftar di dalam sistem Bukalapak.com. Kerugian yang diakibatkan
keterlibatan pihak lain di luar pembeli, pelapak, dan Bukalapak.com,
tidak menjadi tanggung jawab Bukalapak.com.
Besar
Omset Pertahun
Melansir laporan keuangan EMTK paruh pertama 2020,
tercatat bahwa Bukalapak dikategorikan sebagai pihak berelasi dengan total
pendapatan sebesar Rp 69,77 miliar. Nilai tersebut anjlok 41,4% jika
dibandingkan dengan pemasukan semester I-2019 senilai Rp 119,05 miliar.
Sebagai informasi, dikarenakan porsi kepemilikan
EMTK atas Bukalapak di antara 20%-50%, maka perhitungannya
menggunakan metode ekuitas. Alhasil, bisa dikatakan bahwa pendapatan Bukalapak
yang tertera pada laporan keuangan EMTK bukanlah total pendapatan
perusahaan e-commerce besutan Achmad Zaky tersebut.
Merujuk pada laporan keuangan EMTK terlihat bahwa
kontribusi pendapatan terkoreksi cukup dalam di tahun ini. Padahal sejak tahun
2016 pemasukan yang dicatatkan tumbuh signifikan. Sepanjang tahun lalu,
pendapatan Bukalapak yang dibukukan EMTK bahkan mencapai Rp 297,07 miliar.
Regulasi
dan Prosedur Pendirian Perusahaan
Bentuk Usaha
BukaLapak
Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce / online marketplace
di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring) yang dioperasikan
oleh PT. Bukalapak.com sejak
tahun 2010.[2] Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang
nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017. Bentuk
usaha Bukalapak sendiri yaitu Perseoran Terbatas. Yaitu artinya adalah badan
usaha sekaligus badan hukum yang terdiri dari para pemegang saham yang disebut
stockholder dengan tanggung jawab terbatas terhadap utang-utang perusahaan
sebesar modal yang mereka tanamkan.
Ciri-ciri Perseroan Terbatas :
§ Kewajiban terhadap pihak luar hanya terbatas pada
modal yang disetorkan.
§ Mudah dalam peralihan kemepimpinan.
§ Usia PT tidak terbatas.
§ Mampu untuk menghimpun dana dalam jumlah yang
besar.
§ Bebas untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis.
§ Mudah mencari karyawan
§ Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki
saham.
§ Pajaknya berganda antara Pajak Penghasilan dan
Pajak Deviden
Kelebihan Perseroan Terbatas :
§ Mudah dalam peralihan kepemimpinan.
§ Mudah memperoleh tambahan modal.
§ Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih
terjamin.
§ Lebih efisien dalam manajemen pengolahan
sumber-sumber modal.
Kekurangan Perseroan Terbatas :
§ Pajaknya berganda antara Pajak Penghasilan dan
Pajak Deviden.
§ Pendiriannya memerlukan akta notaris dan ijin
khusus usaha tertentu.
§ Biaya pembentukan PT relatif tinggi.
§ Terlalu terbuka dalam pelaporan kepada pemegang
saham.
Prosedur dan
Legalitas Perusahaan BukaLapak
Bagi perusahaan skala besar seperti bukalapak, hal ini
menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan atas
perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin
prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara,
izin tetap hinga izin perluasan. Untuk beberapa jenis perusahaan misalnya, sole
distributor dari sebuah merek dagang, Letter of Intent akan memberi turunan
berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian keagenan yang
merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi kesempatan pada perusahaan
lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi. Berikut ini adalah dokumen
yang diperlukan, sebagai berikut :
1. NPWP
Bagi para pemilik usaha, perusahaan wajib didaftarkan
untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan jika merupakan Wajib
Pajak yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan bidang perpajakan. Adapun persyaratan NPWP bagi Badan Usaha
seperti yang dilansir situs resmi Kementerian Keuangan RI adalah:
1.
Wajib Pajak Badan
yang memiliki kewajiban perpajakan sebagai pembayar, pemotong dan/atau pemungut
pajak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk
usaha tetap dan kontraktor dan/atau operator di bidang usaha hulu minyak dan
gas bumi.
2.
Wajib Pajak Badan
yang hanya memiliki kewajiban perpajakan sebagai pemotong dan/atau pemungut
pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk bentuk
kerjasama operasi (Joint Operation).
2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dikeluarkan oleh Dep. Perdagangan.
SIUP adalah surat izin untuk dapat melaksanakan
kegiatan perdagangan. Kepanjangan dari SIUP adalah Surat Izin Perdagangan
merupakan salah dokumen penting yang diwajibkan bagi perorangan atau badan
usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan agar keberadaan kegiatan usaha
Anda bisa mendapatkan izin untuk menjalankan bisnis perdagangan.
Untuk membuat SIUP tidak mesti menjadi pedagang skala
besar atau skala global. Meskipun masih pedagang regional dalam skala kecil
disarankan untuk mengurus SIUP. Karena sudah ada kebijakan yang mengatur bahwa
setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perorangan yang
melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib melakukan pengurusan SIUP yang
dikeluarkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah
Republik Indonesia.
Keuntungan Perusahaan Jika Telah Mengurus SIUP :
Memiliki Surat Izin Perdagangan tentunya
menguntungkan, makanya banyak perusahaan bahkan perorangan ingin memilikinya.
Berikut keuntungan perusahaan jika telah memiliki SIUP yaitu
1.
Karena telah
memiliki alat pengesahan yang dikeluarkan oleh pemerintah sehingga dalam
kegiatan usaha tidak akan terjadi masalah perizinan.
2.
Dengan memiliki
Surat Izin Usaha Perdagangan bisa memperlancar perdagangan ekspor dan impor.
3.
Bisa mengikuti
kegiatan lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah. Karena syarat mengikuti
kegiatan tersebut adalah telah memiliki SIUP.
3.Tanda Daftar
Perusaaan (TDP)
Tanda Daftar
Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan
menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan
pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap
perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.
Setiap perusahaan wajib memiliki Tanda Daftar
Perusahaan (TDP) baik berbentuk badan hukum, koperasi, perorangan, dll.
Setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas
(PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma (Fa), Perorangan, dan Bentuk
Usaha Lainnya (BUL), termasuk Perusahaan Asing dengan status Kantor Pusat,
Kantor Tunggal, Kantor Cabang, Kantor Pembantu, Anak Perusahaan, Agen
Perusahaan, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan
usahanya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib didaftarkan dalam
daftar perusahaan.
Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus
perusahaan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan memberi surat kuasa.
Tanda Daftar Perusahaan berlaku selama Perusahaan
tersebut masih beroperasi dan wajib didaftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun.
Perusahaan yang dikecualikan dari Wajib Daftar
Perusahaan adalah :
§ Setiap perusahaan yang berbentuk jawatan (Perjan).
§ Perusahaan kecil perorangan yang tidak memerlukan izin
usaha
Dasar Hukum :
§ Undang-undang Republik Indonesia No. 3 tahun 1982
tentang Wajib Daftar Perusahaan
§ Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 14 tahun 2002
tentang Wajib Daftar Perusahaan.
§ Surat Keputusan Menperindag No:596/MPP/Kep/9/2004
tentang Standart Penyelenggaraan Wajib Daftar Perusahaan
4. Izin Gangguan
Izin Gangguan (HO) adalah izin kegiatan usaha kepada
orang pribadi / badan dilokasi tertentu yang berpotensi menimbulkan bahaya
kerugian dan gangguan, ketentraman dan ketertiban umum tidak termasuk
kegiatan/tempat usaha yang lokasinya telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat atau
Daerah.
Dasar hukum izin ini adalah Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Selain itu, masih ada Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
yang mengatur secara rinci tentang Retribusi Izin Gangguan. Bahkan pada
kabupaten tertentu ada yang menerapkan rumus untuk nenentukan besar biaya
retribusi ini. Misalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor mengeluarkan Perda
No. 10 Tahun 2012, yang secara rinci mengatur besar retribusi untuk izin ini.
5. Setoran Pajak
SSP atau Surat Setoran Pajak adalah bukti pembayaran
atau penyetoran pajak wajib pajak menggunakan formulir atau dengan cara lainnya
ke kas negara melalui tempat pembayaran yang telah ditunjuk menteri keuangan.
Jadi, SSP juga dikenal sebagai media atau formulir
yang digunakan wajib pajak ketika ingin membayar pajak. Bentuk formulir SSP dan
penjelasannya tercantum dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomo
PER-24/PJ/2013 tentang Bentuk Formulir Surat Setoran Pajak.
SDM
Dan Organisasi
Struktur Organisasi
BukaLapak
Struktur organisasi yang digambarkan dalam bagan
organisasi merupakan sumber otoritatif. Dari struktur organisasi dapat terlihat
tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam organisasi
dan hubungan antar bagian dalam organisasi itu. Suatu struktur organisasi yang
baik apabila dilaksanakan dengan konsekuensi akan menjadi dasar kuat bagi
tercapainya tujuan perusahaan. Berikut struktur organisasi yang terdapat pada
perusahaan Bukalapak.com di
divisi marketing.
Adapun tugas dan wewenang dari setiap bagian dari
struktur organisasi Bukalapak.com pada
divisi marketing adalah sebagai berikut:
a) Marketing Division
Divisi Marketing betugas untuk membuat Bukalapak.com semakin
laku di pasaran bisa dilihat dari sisi pertumbuhan penjual, pembeli, citra dan
komunitas yang terbentuk, Divisi Marketing menjadi 4 subdivisi yaitu:
1.
MerchantRelations
2.
ADS
3.
Growth
4.
Community
§ Merchant Relations
Subdivisi Merhant Relations memiliki tugas
untuk membangun relasi antar seller. Dimulai dari top seller, sampai
ke seller yang baru. Selain itu adanya subdivisi public
relations di sini membuat divisi ini pun bertanggung jawab kepada relasi
dengan publik. Pada Merchant Relations terbagi menjadi 2
subdivisi:
§ MerchantAcquisition
Merhant Acquisition bertugas untuk membangun relasi
kepada Top Seller maupun calon seller yang akan dipersuasi untuk join berjualan
di Bukalapak.com maupun
dengan menggunakan agen untuk memperkaya barang yang ada di Bukalapak.com.
§ Public Relations
Public Relations bertugas untuk membangun relasi
dengan media untuk publisitas positif. Mengelola social media (facebook &
twitter) dan juga pengelolaan newsletter serta memantau pemberitaan baik
positif dan negatif perusahaan.
b) ADS
Subdivisi ADS memiliki tugas untuk memastikan ADS apa
yang efektif untuk Bukalapak.com dan mengimplementasikannya.
Seperti memasang ADS pada google.
c) Growth
Subdivisi Growth bertugas untuk membangun dan
mempertahankan growth Bukalapak.com yang dipantau melalui
google analytics. Growth di sini dimaksudkan dengan kunjungan ke dalam
situs Bukalapak.com.
Ada 4 yang dilihat dalam pertumbuhan growth Bukalapak.com itu sendiri. Pertama
dilihat dari SEO (organik dari google search), Direct Link (langsung ke situs),
Social Media, dan SEM.
d) Community
Subdivisi Community memiliki jobdesk untuk menjalin
relasi dengan komunitas komunitas seller dari segala region di Indonesia.
Seperti membuat gathering seller Jakarta, Bandung dan Semarang. Memantau
perkembangan komunitas seller melalui whatsapp group. Melakukan
kunjungan-kunjungan ke institusi pendidikan untuk melakukan branding Bukalapak.com itu
sendiri.
Fungsional BukaLapak
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para
UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online.
Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam
menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak
mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan
toko offline tersebut.
Divisional BukaLapak
Achmad Zaky
Achmad Zaky (lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus
1986) merupakan pendiri dan menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO)
Bukalapak sejak tahun 2010. Zaky mendapat gelar Sarjana Informatika dengan
predikat cum laude dari Institut Teknologi Bandung.[29] Pada tahun 2016 Zaky
menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Indonesia, Ir.
Joko Widodo [30]. Tanda Kehormatan ini merupakan penghargaan negara yang
diberikan oleh Presiden atas jasa dan darma bakti seseorang kepada bangsa dan
negara[31][32].
Muhammad Fajrin
Rasyid
Muhammad Fajrin Rasyid (lahir di Jakarta, 11 September
1986) merupakan Co-Founder dan Presiden Bukalapak yang bertanggung jawab atas
inisiatif strategi perusahaan dan rencana jangka panjang serta kemitraan dengan
pihak eksternal. Sebelumnya, Fajrin menduduki jabatan Chief Financial Officer
(CFO) Bukalapak selama tujuh tahun[33]. Muhammad Fajrin Rasyid merupakan
lulusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan IPK 4.0[34]
Nugroho Herucahyono
Nugroho Herucahyono (lahir di Karanganyar, 7 Maret
1987) merupakan co-founder dan Chief Technology Officer (CTO) Bukalapak. Sama
seperti Zaky dan Fajrin, Nugroho juga mendapatkan gelar Sarjana Teknik
Informatika dari Institut Teknologi Bandung[35].
Deskripsi dan
Spesifikasi Tugas BukaLapak
Bukalapak adalah salah satu online marketplace ternama
di Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce ini, menyediakan
sarana jual-beli antara konsumen yang satu ke yang lainnya. Melalui situs
resminya, Bukalapak.com,
siapa pun bisa membuka toko online dan mencari pembeli yang berasal dari
seluruh Indonesia dengan jaminan keamanan dalam bertransaksi. Perusahaan yang
berpusat di Jakarta ini memiliki tagline “Jual-beli online mudah dan
terpercaya” karena perusahaan ini berkomitmen kuat dalam menjaga kepercayaan
kliennya. Bukalapak juga memberikan jaminan 100% uang kembali jika pembeli
barang tidak mendapatkan barang yang telah dibelinya dari si penjual.
Perusahaan ini pun memiliki misi untuk memberdayakan UKM yang ada di seluruh
wilayah Nusantara.
Sistem Penggajian
BukaLapak
Peraturan Sistem Penggajian yang Berlaku di Indonesia
:
1.
Upah wajib
dibayarkan kepada Pekerja/buruh yang bersangkutan (Pasal 17 ayat 1).
2.
Pengusaha wajib
memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh
pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan (pasal 17 ayat 2).
3.
Pengusaha wajib
membayar upah pada waktu yang telah diperjanjikan antara pengusaha dengan
pekerja/buruh (pasal 18).
4.
Pembayaran upah
harus dilakukan dengan mata uang rupiah Negara Republik Indonesia (pasal 21).
5.
Dalam hal upah
dibayarkan melalui bank, maka upah harus sudah dapat diluangkan oleh
pekerja/buruh pada tanggal pembayaran upah yang disepakati kedua belah pihak..
Sistem Penggajian Karyawan :
1.
Bagian HRD menerima
data kehadiran yang sudah valid untuk kemudian diproses dalam penggajian per
orang.
2.
Menghitung bagian
pajak PPh 21 berdasarkan status jabatan maupun status keluarga.
3.
Kemudian menerima
rekapan revisi perhitungan pajak gaji dari bagian pajak, lalu membuat slip gaji
dan daftar gaji ke seluruh karyawan.
4.
Di evaluasi oleh
departemen atau divisi keuangan.
5.
Jika tidak ada
evaluasi atau kesalahan, membuat cek tunai sebesar jumlah gaji seluruh karyawan
lalu menyerahkannya kepada pimpinan perusahaan.
6.
Cek tunai/bilyet
kemudian ditransfer ke bank mitra untuk kemudian di transfer ke rekening
masing-masing karyawan.
Faktor yang Memengaruhi Besarnya Gaji Karyawan :
1.
Golongan
2.
Jabatan
3.
Masa Kerja
4.
Pendidikan
5.
Kompetisi
Aspek
Pemasaran
Spesifikasi Produk
/ Jasa BukaLapak
Dalam pemasaran, produk adalah segala sesuatu yang
bisa ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan
konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan satu paket kepuasan
yang didapat dari pembelian produk Kepuasan tersebut merupakan akumulasi
kepuasan fisik, psikis, simbolis, dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Produk identik dengan barang. Dalam akuntansi, barang
adalah obyek fisik yang tersedia di pasar. Sedangkan produk yang tidak berwujud
disebut jasa. Dalam manajemen produk, identifikasi dari produk adalah barang
dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata produk digunakan untuk tujuan
mempermudah pengujian pasar dan daya serap pasar, yang akan sangat berguna bagi
tenaga pemasaran, manajer, dan bagian pengendalian kualitas.
Jasa yang ditawarkan oleh BukaLapak adalah layanan
yang menghubungkan antara penjual dan pembeli agar bisa bertransaksi dengan
aman dan mudah.
Segmentasi
Produk / Jasa BukaLapak
Segmentasi BukaLapak dapat berdasar pada Geografitasi segmentation, Demographic segmentation, Psychographic
segmentation dan Behavioral segmentation.
1.
Geografitasi
segmentation, segmentasi
geografis BukaLapak yaitu seluruh daerah Indonesia yang mampu mengakses
internet.
2.
Demographic
segmentation, segmentasi
demografis BukaLapak dengan usia 17 tahun ke atas dan jenis kelamin pria dan
wanita.
3.
Psychographic
segmentation, segmentasi
psikologi BukaLapak yaitu orang yang ingin menjual dan membeli produk melalui
internet dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik.
4.
Behavioral
segmentation, segmentasi perilaku
BukaLapak yaitu orang yang mempunyai kesibukan dan dapat membeli barang yang
diinginkan kapanpun dan di manapun melalui internet.
Berdasarkan aspek manfaat yang dinilai pada segmentasi
produk dan jasa yang dimiliki oleh Bukalapak :
1.
Notifikasi SMS setiap
ada pesanan, Pelapak akan
mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Pelapak bisa fokus jualan
online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
2.
Feedback positif
setiap transaksi sukses, Pelapak akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem
walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
3.
Kepastian menerima
uang pembayaran, Pelapak
langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli memberi konfirmasi terima
barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
4.
Prioritas di mesin
pencarian, Setiap halaman
barang pelapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil
lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
5.
Perhitungan ongkos
kirim otomatis, Pelapak tidak perlu
repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos
kirim yang harus dibayar oleh pembeli.
6.
Edukasi Kewirausahaan
Online, Bukalapak terus
membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan
tips dan trik jualan online.
Analisis Situasi
Pasar BukaLapak
Analisis situasi pasar pada perusahaan BukaLapak
berdasarkan Analisis SWOT :
§ Strengh (Kekuatan) :
§ Mudah di akses dari Web maupun mobile
§ Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
§ Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak
meruggikan penjual
§ Adanya Sistem Payment Sistem
§ Weakness (Kelemahan):
§ Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung
ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk
penjual sedikit lama
§ Apabila ada customer yang memberika feedback
negative akan berpengaruh pada reputasi penjual
§ Opportuity (Peluang):
§ Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
§ Bisa menjangkau seluruh indonesia
§ Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya
§ Threats (Ancamam)
§ Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir
sama
§ Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal
oleh situs jual beli yang lain
Aspek Pemasaran
Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan
kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan
mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis
sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk
direalisasikan. Selain itu, dengan mengenali aspek tersebut seseorang juga
dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan
sukses.
Analisis Pesaing
Dengan dua juta kunjungan setiap harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak juga mengklaim
kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki adalah yang terbanyak di antara e-commerce lainnya tanah air.
Hal itu diungkapkan Muhamad Fajrin Rasyid (Fajrin),
Co-Founder sekaligus CFO dari Bukalapak, dalam acara Decode Jakarta yang berlangsung minggu
lalu (23/3). Bagaimana sebenarnya cara Bukalapak menjadi begitu besar seperti sekarang
walau baru berdiri pada tahun 2011 silam? Inilah empat strategi utama mereka.
Strategi Promosi
Bukalapak cenderung unik dibanding yang lain, BL kuat
di komunitas di hampir semua kota besar, bahkan di kota-kota kecil komunitasnya
sangat kuat. Bahkan sejak awal terbentuknya, Bukalapak dikenal dekat denagn
komunitas sepeda.
Bukalapak yang merupakan situs e-commerce, menyasar
dengan fokus segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Potensinya masih besar
sekali, karena Indonesia punya UKM lebih dari 50 juta, yang baru memakai
Bukalapak 500 ribu.
Berdasarkan potensi tersebut, Bukalapak menargetkan
untuk memiliki 2-3 juta pelapak ditahun 2016. Dan strategi marketing pun dibagi
menjadi 2
Strategi Marketing Offline Bukalapak
Hadir dimana mana dan
menyambutnya dengan social media. Untuk itu BL
menetapkan harus hadir sesering mungkin di hadapan masyarakat. Itu sebabnya
mereka rajin memasang iklan, baik di media sosial maupun di televisi, mirip
dengan bagaimana Zalora mengenjot awareness ketika pertama hadir di
Indonesia.
Demi meraih perhatian masyarakat Indonesia, Bukalapak
memilih bentuk iklan komedi, seperti meniru gaya pesulap Deddy Corbuzier, atau
menganalogikan pengguna mereka sebagai seorang pahlawan.
Offline Gathering
Acara Offline gathering yang membahas seputar strategi
online marketing dan jual beli online yang digelar diberbagai kota di
Indonesia. Kegiatan ini sudah dibangun sejak 2013 lalu dan masih terus
konsisten bahkan semakin kuat. Hikmah strategi marketing ini, memberikan
akuisisi user baru, dan loyalitas plus pengetahuan merchant seputar marketing
online semakin baik.
Iklan TV untuk
delivery content
Pengguna baru eCommerce/marketPlace disasar lewat
media TV, Iklan di TV masih diperlukan untuk menggapai penonton yang lebih
luas. Kita harus mengakui bahwa orang banyak mengakses TV kalau kita bicara
mass audience terutama di daerah, terlebih TV bagus untuk content delivery.
Hasilnya bisa dilihat dari analisa yang kami lakukan tentang Brand Perception
Bukalapak, dan sentiment audience positif atau negatif.
Media
Promosi Berbasis IT
Fokus Mengembangkan
Aplikasi Mobile Melihat perkembangan perangkat mobile, Bukalapak
memutuskan untuk fokus pada kanal marketing ini. Aplikasi mobile Bukalapak pun
disukai oleh banyak pengguna dan kemudian terbukti kalau rating aplikasi
Bukalapak menjadi yang tertinggi di Google Play dan Apple App Store untuk
kategori e-commerce Indonesia.
Jika tahun 2015 lalu jumlah user yang men-download
aplikasi Bukalapak baru 200 ribu, maka saat ini jumlahnya sudah melonjak di atas
5 juta. Hasilnya? saat ini, sekitar 61,9 persen transaksi di Bukalapak terjadi
lewat perangkat mobile.
Analisa kebiasaan pelanggan juga jadi fokus utama,
misalnya: Ketika disinggung tentang statistik uninstall aplikasi mobile, Fajrin
mengatakan kalau Bukalapak sudah menganalisa hingga kemudian memiliki strategi
khusus untuk mengatasi hal tersebut.
Contoh solusinya, seperti kode voucher yang hanya
dapat digunakan lewat mobile aplikasi. Hikmahnya adalah membantu Bukalapak
untuk mengurangi rasio kebiasaan uninstall dari pengguna bukalapak di
smarthpone.
Dalam melakukan proses promosi ataumemasarkan produk
e-commercenya iniBukalapak.com memiliki
beberapa cara dalammemasarkan produknya agar dapat dikenal oleh banyak
masyarakat yang luas. Beberapa strategi pemasaran Bukalapak.com akan ditampilkan pada
gambar dibawah ini.
1. Pemasaran melalui
Media Social
Pada era globalisasi ini hampir sebagain besar
masyarakatnya menggunakan mediasocial yang dimana bukalapak juga memanfaatmedia
social terssebut sebagai media untukmemperkenalkan produk e-commercenyakepada
masyarakat luas. Instagram melimiki beberapa akun media social seperti
Twitter,Facebook, Instagram.
2. Pemasaran melalui
iklan televisi
Salah satu bentuk media periklanan yang banyak
digunakan karena memiliki jangkauanyang luas adalah televisi. Karena itu
Bukalapakmemanfaatkan media ini sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan
perusahaandan menambah peluang bisnis.
3. Pemasaran melalui
situs YouTube
Youtube adalah situs web video streamingyang sangat
popular pada masa kini, bukalapak pun memasarkan e-commerce melalui
youtube.Memasarkan melalui youtube merupakan halyang sangat efektik dalam
mengajakkonsumennya untuk membeli barang di bukalapak dikarenakan juga
jangkauankonsumennya lebih luas jika dibandingkandengan iklan TV bukan hanya
dapat dilihat olehmasyarak Indonesia saja namun orang yang berada di luar
negeri pun bisa melihat iklan bukalapak ini di youtube.
Aspek
Keuangan
Komponen Biaya / Anggaran
Pada BukaLapak
Anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara
sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi
seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu ( periode) tertentu di masa yang
akan datang. Oleh karena rencana yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit
moneter, maka anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan. Dalam
anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti
segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur
pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.
Anggaran Produksi
Anggaran produksi menurut Halim dan Supomo (1990:153)
memuat tentang rencana unit yang diproduksi selama periode anggaran. Taksiran
produksi ditentukan berdasarkan rencana penjualan dan persediaan yang
diharapkan. Biaya produksi adalah sejumlah pengorbanan ekonomis yang harus
dikorbankan untuk memproduksi suatu barang. Menetapkan biaya produksi
berdasarkan pengertian tersebut memerlukan kecermatan karena ada yang mudah
diidentifikasikan, tetapi ada juga yang sulit diidentifikasikan dan
hitungannya. Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur komponen sebagai berikut
:
1.
Bahan baku atau
bahan dasar termasuk bahan setengah jadi
2.
Bahan-bahan
pembantu atau penolong
3.
Upah tenaga kerja
dari tenaga kerja kuli hingga direktur.
4.
Penyusutan
peralatan produksi
5.
Uang modal, sewa
6.
Biaya penunjang
seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya listrik, biaya
keamanan dan asuransi
7.
Biaya pemasaran
seperti biaya iklan
8.
Pajak
Penganggaran merupakan komitmen resmi manajemen yang
terkait dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam
transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
Anggaran Biaya Bahan
Baku
Anggaran biaya bahan baku menurut Munandar (2000:134)
merupakan anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang biaya
bahan baku untuk produksi selama periode yang akan datang, yang di dalamnya
meliputi rencana tentang jenis (kualitas) bahan baku yang diolah, jumlah
(kuantitas) bahan baku yang diolah, dan waktu (kapan) bahn baku tersebut diolah
dalam proses produksi.
Anggaran Biaya SDM
Anggaran biaya tenaga kerja langsung merupakan
anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang upah yang akan
dibayarkan kepada para tenaga kerja langsung selama periode yang akan datang,
yang di dalamnya meliputi rencana tentang jumlah waktu yang diperlukan oleh
para tenaga kerja langsung untuk menyelesaikan unit yang akan diproduksi, tarif
upah yang akan dibayarkan kepada para tenaga kerja langsung dan waktu (kapan)
para tenaga kerja langsung tersebut menjalankan kegiatan proses produksi, yang
masing-masing dikaitkan dengan jenis barang jadi (produk) yang akan dihasilkan,
serta tempat (departemen) di mana para tenaga kerja langsung tersebut akan
bekerja.
Anggaran Biaya
Overhead Pabrik
Anggaran biaya overhead pabrik merupakan anggaran yang
merencanakan secara lebih terperinci tentang beban biaya pabrik tidak langsung
selama periode yang akan datang, yang di dalamnya meliputi rencana jenis biaya
pabrik tidak langsung, jumlah biaya pabrik tidak langsung dan waktu (kapan)
biaya pabrik tidak langsung tersebut dibebankan, yang masing-masing dikaiykan
dengan tempat (departemen) dimana biaya pabrik tidak langsung tersebut terjadi.
Estimasi
Biaya / Satuan Biaya Pada BukaLapak
Definisi perkiraan biaya
adalah seni memperkirakan kemungkinan jumlah
biaya yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada informasi
yang tersedia pada waktu itu (Iman Soeharto_National
Estimating Society USA), berdasarkan definisi, tersebut maka
perkiraan biaya mempunyai pengertian sebagai berikut :
Perkiraan biaya yaitu melihat, memperhitungkan
dan mengadakan perkiraan atas hal hal yang akan terjadi selanjutnya
Analisis biaya yang berarti pengkajian dan
pembahasan biaya yang pernah ada yang digunakan sebagai
informasi yang penting Kualitas estimasi sangat ditentukan oleh :
1.
Tersedianya data
dan informasi
2.
Teknik dan metode
yang digunakan
3.
Kecakapan dan
pengalaman estimator
4.
Tujuan pemakaian
perkiraan biaya
Estimasi biaya memegang peranan penting dalam
penyelenggaraan proyek konstruksi. Kegiatan estimasi adalah salah satu proses
utama dalam proyek konstruksi untuk mengetahui besarnya dana yang harus
disediakan untuk sebuah bangunan. Pada umumnya, sebuah proyek konstruksi
membutuhkan biaya yang cukup besar. Ketidaktepatan yang terjadi dalam
penyediaannya akan berakibat kurang baik pada pihak-pihak yang terlibat di
dalamnya. Bagi pemilik proyek (owner), estimasi biaya diperlukan sebagai
pegangan dalam menentukan kebijakan yang dipakai untuk menentukan besarnya
investasi yang harus dilaksanakan.
Saat ini, Bukalapak memiliki empat juta penjual di
platformnya. Bukalapak juga sudah memiliki 500 ribu warung dan 700 ribu usaha
mikro independen di Indonesia yang terhubung platformnya. Ada dua layanan yang
digunakan.
Pertama, Oracle Human Capital Management (HCM) Cloud
yang diklaim bisa meningkatkan pengalaman karyawan. Karena data-datanya
dikelola secara otomatis di komputasi awan (cloud) ini.
Kedua, Oracle Enterprise Resource Planning (ERP) Cloud
sehingga tim keuangan dan pengadaan Bukalapak mendapat visibilitas penuh atas
posisi keuangan perusahaan, serta efisiensi waktu dalam mengelola akun dan
menutup pembukuan. Dengan begitu, Bukalapak punya banyak waktu untuk mengambil
keputusan strategis lainnya. Saat ini, Bukalapak memiliki empat juta penjual di
platformnya. Bukalapak juga sudah memiliki 500 ribu warung dan 700 ribu usaha
mikro independen di Indonesia yang terhubung platformnya.
Oracle menawarkan kepada para startup akses ke
platform cloud dan keahlian untuk membantu mereka memahami lanskap pasar dan
membawa inovasi mereka ke pasar. Indonesia menjadi pasar yang menarik karena
ada lebih dari 260 juta orang populasi muda dan tingkat penetrasi ponsel
pintar (smartphone) sekitar 45% dari total penduduk.
Time Value of Money
dan Tingkat Suku Bunga
Suku bunga adalah persentase tertentu yang
diperhitungkan dari pokok pinjaman yang harus dibayarkan oleh debitur dalam
periode tertentu, dan diterima oleh kreditur sebagai imbal jasa. Imbal jasa ini
merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman (kreditur) karena telah
merelakan debitur (peminjam dana) untuk mendapatkan manfaat dari dana yang
dimilikinya, alih-alih menggunakannya untuk tujuan lain.
Suku Bunga Suku Bunga sebesar 9,00% / tahun (efektif)
atau setara dengan 0,41% / bulan (flat). Suku bunga dihitung berdasarkan suku
bunga flat per bulan yang disetarakan dengan suku bunga efektif per tahun. Suku
bunga flat yang dikenakan sesuai dengan tingkat suku bunga yang berlaku pada
produk dengan tetap memperhatikan tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) Bank.
Kriteria
Investasi
Pada 2014, Bukalapak mendapatkan pendanaan segar dari
Emtek Group. Pemilik stasiun televisi SCTV ini mengumumkan investasi Seri B di
Bukalapak. Sayangnya, nilai investasinya tidak disebutkan. Namun, dari laporan
keuangan Emtek ini, kita bisa sedikit tahu tentang “dapur” Bukalapak sekaligus
transaksinya.
Berdasarkan laporan keuangan Emtek tahun 2015,
diketahui bahwa kelompok usaha tersebut memiliki saham Bukalapak hingga 49
persen. Kepemilikan itu diperoleh secara bertahap. Emtek mulai masuk ke
Bukalapak lewat anak perusahaanya PT Kreatif Media Karya pada 6 November 2014.
Mereka mengakuisisi 19,68 persen atau 459.200 lembar saham Bukalapak dengan
nilai investasi Rp29,4 miliar.
Pada 9 Januari 2015, Emtek kembali menambah investasi
dengan suntikan dana Rp123,69 miliar, kepemilikan mereka pun bertambah jadi
42,74 persen. Pembelian inilah yang heboh di media. Sayang waktu itu, Bukalapak
memilih angka penanambahan modal tak diungkap ke publik. Lantas pada Agustus
2015, Emtek kembali melakukan pembelian saham dengan 351.959 saham baru
bernilai Rp215,4 miliar. Dana segar ini membuat Emtek menguasai 49 persen saham
Bukalapak hingga saat ini.
Bukalapak berinovasi di sektor ekonomi melalui BukaReksa.
Dengan BukaReksa, Bukalapak memperluas investasi. Terbaru, Bukalapak
menggandeng tanamduit sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang
memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bukalapak dan tanamduit
menghadirkan 3 manajer investasi dan 5 produk investasi baru. Ketiga manajer investasi
Bukalapak yakni Bahana TCW Investment Management, Batavia Prosperindo Asset
Management, dan Sucorinvest Asset Management.Selain itu, 5 produk investasi
baru yang hadir di BukaReksa adalah Bahana MES Syariah, Batavia Dana Dinamis,
Sucorinvest Sharia Equity Fund, Sucorinvest Maxi Fund, dan Batavia Dana Saham.
Bekerja sama dengan tanamduit, sekarang seluruh
investor BukaReksa bisa makin mengembangkan portofolio investasinya melalui 5
produk investasi baru.Kelima produk investasi baru yang bekerja sama dengan
tanamduit bervariasi jenisnya. Mulai dari Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa
Dana Campuran, hingga Reksa Dana Saham.Disebutkan, tiap jenis investasi
memiliki return,
risiko, dan jangka waktu investasi yang berbeda-beda. Investor bisa dengan leluasa
membeli produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profilnya
masing-masing. Kerjasama dengan Bukalapak melalui fitur BukaReksa, sebagai
gerai reksa dana sesuai dengan SEOJK no. 51 tahun 2016.
Pencatatan Keuangan
Sederhana
Catatan keuangan merupakan alat atau sarana yang
dipakai perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain yang berkepentingan
terhadap perusahaan. Pihak yang berkepentingan dengan catatan keuangan
perusahaan:
§ Pemilik perusahaan
§ Kreditur
§ Investor
§ Bank
§ Dan pihak lainnya
Data milik Bukalapak menyebutkan ada sekitar 2 juta
pelapak yang berjualan di Bukalapak pada akhir 2017. Angka tersebut tentunya
akan semakin bertambah seiring semakin banyaknya orang-orang yang akan
berdagang online. Bahkan CEO Bukalapak Ahmad Zaky menargetkan di tahun 2018 ini
Bukalapak memiliki 4 juta pelapak. Angka tersebut cukup besar. Tetapi masih ada
kendala yang sering ditemukan pada pedagang-pedagang di Marketplace. Salah
satunya perihal pembukuan, karena sistem di marketplace sendiri hanya mencatat
biaya penjualan beserta ongkos kirim saja. Dalam urusan pencatatan keuangan dan
hal lainnya Buklapak telah menyediakan server tersendiri dan khusus bagi para
pegawai atau staf yang bersangkutan untuk mengakses data tersebut.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak#Pendiri
https://job-like.com/company/7151/
https://www.liputan6.com/tekno/read/3789051/perluas-akses-investasi-pengguna bukalapak-gandeng-tanamduit-di
bukareksa
https://komunitas.bukalapak.com/news/100871-pentingnya-mengelola-laporan keuangan-untuk-umkm
Kenali 4 Aspek Pemasaran Ini Sebelum Memulai Usaha
http://oziarea.blogspot.com/2016/10/strategipromosi-dan-media-promosi.html
https://id.techinasia.com/strategi-bukalapak-menjadi-e-commerce-terbesar
http://deerham.com/strategi-marketing-bukalapak/
https://www.academia.edu/35782533/MARKETING_STRATEGY_ANALYSIS_AND_E-COMMERCE_SALES_ON_BUKALAPAK.COM
Komentar
Posting Komentar