PERBANDINGAN GAME THE ELDER SCROLLS V SKYRIM DENGAN TOM CLANCY’S THE DIVISION 2


Pengantar Teknologi Game
" PERBANDINGAN GAME THE ELDER SCROLLS V SKYRIM DENGAN TOM CLANCY’S THE DIVISION 2 "





Disusun Oleh :
Alnadi Yusuf
Arjun Hamdallah
Daffa Alrojak
Fajar Azmii Fauzan
Front Daivatama Putra
Reffian Oktarino


UNIVERSITAS GUNADARMA
2020


THE ELDER SCROLLS V SKYRIM



1.1  Tentang Games
The Elder Scrolls V Skyrim adalah adalah permainan yang bertema Medieval serta bergenre RPG(Role-Playing Game)permainan peran yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Ini adalah seri utama kelima dalam seri The Elder Scrolls, mengikuti The Elder Scrolls IV: Oblivion, dan dirilis di seluruh dunia untuk Microsoft Windows, PlayStation 3, dan Xbox 360 pada 11 November 2011.


1.2  Jalan Cerita
Cerita utama dalam skyrim menceritakan karakter yang dimainkan oleh user dan berusaha untuk mengalahkan Alduin World-Eater, Alduin adalah seekor naga terkuat yang di nobatkan untuk menghancurkan dunia. Game ini berceritakan 200 tahun setelah peristiwa oblivion pada game sebelumnya. Game ini dilakukan dalam peta provinsi skyrim yang terletak pada utara peta dunia elder scroll.

1.3  Aturan Main
Pemain akan menyelesaikan misi utama dan misi sampingan dalam pencarian dan mengembangkan karakter dengan meningkatkan skill yang di inginkan. Skyrim menerapkan sistem open world sama seperti game sebelumnya dengan mensetting player dapat berjalan kemana saja dalam dunia game setiap waktu. Karakter dapat berjalan, berlari, menggunakan kuda, dan menyewa kereta kuda untuk menjelajahi dunia. Pemain dapat mengabaikan atau menunda cerita utama tanpa pengecualian. Misi atau quest yang dilakukan oleh karakter dapat mempengaruhi jalan cerita dan nasib akhir karakter. Pemain menggunakan pedang, busur dan anak panah, kapak, dan serangan magic (misalnya, bola api, pecahan es) untuk membunuh berbagai musuh (misalnya, serigala, naga, bandit dan tentara). Pemain dapat membunuh musuh dan juga dapat membunuh NPC atau karakter yang bukan musuh sesuai keinginan player.

1.4  Karakter



Game ini menyediakan 10 ras utama yang dapat digunakan oleh pemain saat pembuatan karakter dengan masing-masing memiliki passive efek yang akan mempengaruhi berjalanya game nantinya, ras dapat dilihat dibawah ini:
  •          Altmer: +50 sihir
  •          Argonian: 50% Tahan akan penyakit, beranapas dalam air
  •          Bosmer: 50% Tahan akan racun and penyakit
  •          Breton: 25% Tahan akan sihir
  •          Dunmer: 50% Tahan akan serangan api
  •          Imperial: Menemukan uang lebih dari biasanya
  •          Khajiit: +15 Serangan dasar tanpa senjata
  •          Nord: 50% Tahan serangan es
  •          Orsimer: Tidak ada
  •          Redguard: 50% Tahan akan racun
1.5  Peningkatan Karakter



Selama permainan berlangsung pemain akan diberikan pilihan peran dalam meningkatkan karakter seperti penyihir,petarung, atau penyelinap. Untuk memperkuat pemilihan terdapat pilihan skill atau perks yang diperoleh setiap level karakter naik, namun pemilihan ini tergantung kenyamanan pemain dalam bermain, dan terdapat shout(teriakan) yang hanya diperoleh pemain karena diceritakan sebagai Dragonborn,

1.6  Perlengkapan Karakter



Pemain akan dilengkapi dengan senjata dan armor, dimana dapat ditingkatkan dari membeli, membuat, dan mendapatkanya dari musuh yang telah dikalahkan. Berikut adalah macam-macamnya berdasarkan jenis:
·                 Senjata :
-          One-Handed:
 Daggers
 Maces
 Swords
War Axes
-        Two-Handed :
Battleaxes
Greatswords
Warhammers
-        Archery :
Bow
Arrow
Crossbow
Bolt
·                Armor :
-          Heavy Armor
-          Light Armor
-          Shield
-          Cloth

1.7  Fraksi

Dalam permainan ini akan ada fraksi yang mempengaruhi selama permainan, disini pemain dapat masuk keadalam setiap fraksi dengan cara tertentu yang dapat ditemukan dalam perjalanan yaitu :
-         Bards College
-         Blades
-         Greybeards
-         College Of Winterhold
-         The Companions
-         The Coven Of Namira
-         House Telvanni
-         Dark Brotherhood
-         Imperial Legion
-         Nightingale
-         Stormcloak
-         Thieves Guild
-         Tribal Orcs
-         Dawnguard
-         Volkihar Clan

1.8  Lama Permainan
Lama permainan tergantung dari pemain, karena banyak hal yang dapat dijelajahi walaupun misi utama dari game ini telah diselesaikan, sehingga tidak pasti lama permainanya.




TOM CLANCY’S THE DIVISION 2



2.1 Tentang Games
Tom Clancy's The Division 2 adalah permainan video bergenre RPG seperti game yang sebelumnya dibahas tetapi ini berbasis online yang dikembangkan oleh Massive Entertainment dan diterbitkan oleh Ubisoft dan dirilis di seluruh dunia pada 14 Maret 2016. dan ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya yaitu Tom Clancy's The Division.

2.2 Jalan Cerita
Dikisahkan di seri pertamanya bahwa kota Manhattan, Amerika Serikat lumpuh akibat serangan virus. Pemerintahan yang lumpunh melahirkan banyak fraksi yang ingin memperebutkan sumber daya untuk bertahan hidup, Tom Clancy's The Division 2 mengisahkan perjuangan agen The Division yang bertugas mengembalikan pemerintahan Amerika Serikat di kota yang terkena wabah virus. Kali ini giliran mereka untuk mengembalikan pemerintah di jantung negara tersebut yaitu Washington DC,dengan melawan 4 fraksi besar.

2.3 Aturan Main
Pemain akan menyelesaikan misi utama hingga mencapai level 30 dengan bermain sendiri maupun bersama kawan, namun misi yang telah diselesaikan dapat diulang kembali dengan tingkatan kesusahan yang berbeda seperti story, normal, hard, challenge, dan heroic setiap tingkatan akan mendrop barang secara random ketika mengalahkan musuh dan ini tergantung dari keberuntungan pemain untuk mendapatkan barang, dan pemain diharuskan untuk meningkatkan diri dengan menentukan skill, gadget, dan senjata dalam bermain.  

2.4  Karakter



Karakter dalam game ini hanya satu ras yaitu manusia tidak seperti game yang dibahas sebelumnya, setiap pemain memiliki gaya bermain yang berbeda sehingga apa yang dia ingin tingkatkan tidak selalu sama.

2.5  Perlengkapan Karakter



Senjata, armor,dan mods didapatkan dengan membeli, membuat, dan mendapatkanya dari musuh yang telah dikalahkan. Untuk senjata dapat ditingkatkan dengan memperoleh blueprint yang berfungsi untuk membuat atribut pada senjata yang menambah status pada senjata yang digunakan, setiap senjata memiliki efeknya masing yang dapat diubah atau dipindahkan ke senjata lain, sama halnya dengan armor, disini armor akan memiliki atribut untuk meningkatkan serangan, daya tahan , dan skill power pada gadget yang mempengaruhi ke karakter, berikut adalah macam-macamnya berdasarkan jenis: 
Senjata :
-          Rifle
-          Assault Rifle
-          Light Machine Gun
-          Machine Gun
-          Sniper
-          SMG
-          Pistol
Armor :
-          Armor
-          Mask
-          Gloves
-          Backpack
-          Holster
-          Kneepads

2.6  Fraksi

Dalam permainan ini akan ada fraksi yang menjadi musuh dari karakter dan merupakan fraksi karakter itu sendiri
-         Division(fraksi karakter)
-          Outcast
-          True Sons
-          Hyiena
-          Black Tusk

2.7  Lama Permainan
Lama permainan tergantung dari pemain, karena banyak hal yang dapat dijelajahi walaupun misi utama dari game ini telah diselesaikan, sehingga tidak pasti lama permainanya.

Kesimpulan
Dari 2 game yang sudah di jelaskan memiliki persamaan yaitu genrenya yaitu action RPG, perbedaanya adalah di tema game, dimana The Elder Scrolls V Skyrim menceritakan abad medieval sedangkan Tom Clancy's The Division 2 tentang kehancuran dunia setelah virus, untuk kualitas grafik game kedua lebih bagus dari pada pertama untuk segi originalnya, karena game pertama dapat menggunakan mod dari orang yang membuat sehingga dapat memodifikasi grafik dari game tersebut.

Referensi




Komentar

Postingan Populer