TUGAS 1 INTERNET & NEW MEDIA


1. A. Pengertian Teknologi


        Teknologi adalah sebuah sarana dengan beraneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Dengan berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan, ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud, semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana

   B. Perkembangan Teknologi Dari Berbagai Bidang






- Bidang Pertanian
     Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibir, sistem tanam, serta teknik menanamnya. Sedangkan jaman sekarang semua dipermudah dan menjadi efektif dengan adanya mesin-mesin seperti untuk membajak sawah, mesin penyiram otomatis. Para petani ataupun yang terkait dengan usaha tani. Hal ini dikarenakan media penyuluhan tidak memerlukan banyak biaya (efisien)

- Bidang Informasi dan Komunikasi
       Kemajuan informasi ini ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui dengan berbagai perangkat teknologi yang ada. seperti smartphone, laptop, dll.., sedangkan dahulu orang hanya dapat mendapatkan informasi contohnya koran, radio. Untuk komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh dan tidak memakan banyak biaya untuk berbicara dan waktu,kalau jaman dahulu menggunakan surat yang dimana membutuhkan waktu yang lama untuk saling berbicara.

- Bidang Pendidikan
        Teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan dan Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.

- Bidang Kesehatan
       Kemajuan teknologi di bidang kesehatan memang dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam pemerataan akses dan informasi terhadap kesehatan, namun banyak juga pihak yang khawatir terhadap dampak buruk yang akan dapat ditimbulkan dari hal ini. Contohnya adalah berkembangnya teknologi tentang penyedia informasi kesehatan atau alat diagnosa kesehatan yang dapat digunakan sendiri akan membawa kekhawatiran terhadap eksistensi profesi dokter dan tenaga kesehatan lainnya di tengah-tengah masyarakat.

2. A. Pengertian Internet dan Sejarah

      Adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.



   B. Kelebihan dan Kekurangan Dari Internet


                  Bagi pengguna dari internet adapun juga kelemahan dan kekurangan untuk inter itu sendiri, seperti dibawah ini ;

*Kelebihan :
 - Sebagai hiburan yang Bisa menghilangkan kejenuhan pengguna nya dan bisa mengasah kemampuan berstrategi dalam berpikir.

 - Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda,juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb,dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.

 - Menambah wawasan pengguna nya,memudahkan siapapun untuk belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas

 - Membuat pengguna nya cepat menerima informasi terbaru tanpa harus menunggu acara berita ditelevisi dsb, dan juga dapat menambah wawasan dari seluruh dunia,karena sangat banyak sekali situs Informasi dari seluruh dunia.

*Kekurangan :
 - Fasilitas jaringan telepon dan ISP sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet dan kemungkinan akses secara keseluruhan.

 - Salah satu masalah yang juga tak kalah peliknya adalah risiko terkena virus komputer yang mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di-download.

 - Informasi yang diberikan tidak sepenuhnya benar atau isu belaka yang belum tentu itu benar atau yang disebut pada saat ini HOAX 

 - Keamanan pada internet masih lemah untuk kalangan awam, dan Pengawasan hukum pun masih sangat lemah karena belum adanya kesepatakan dan kesepahaman antar pengguna Internet tentang kebebasan.

3. Hubungan Teknologi Dengan Internet

    Hubungan internet dengan teknologi, di era globalisasi kita dituntut untuk mengetahui dunia ini dengan luas sehingga ia dapat mengetahui kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa di dalam negeri atau di manca negara , hidupnya tidak dapat modern. Adapun didalam internet kita dapat menambah pengetahuan kita disekolah maupun diluar sekolah Di internet kita juga dapat langsung berkonsultasi tentang penyakit yang kita derita dengan dokternya langsung jadi kita tidak perlu susah payah ke rumah sakit yang sangat jauh dari rumah kita,dokter itu dapat memberikan resep obat yang tang harus kita minum atau memberikan saran kepada kita tentang penyakit yang kita derita. Sedangkan komputer dapat memberikan pelajaran kepada kita tentang pekerjaan dalam perkantoran yang memerlukan proses kerja yang cepat. Serta terdapat untuk langkah-langkah dalam mencapai suatu tujuan, sehingga internet dan teknologi sangat berkaitan erat dijaman sekarang.

Referensi :




Komentar

Postingan Populer